4 Cara Mengobati Psoriasis di Area Wajah dan Sekitarnya

Mengalami jerawat di wajah saja sudah membuat Anda kebingungan untuk membersihkannya, apalagi jika muncul psoriasis. Tentu saja hal ini membuat risih. Psoriasis di wajah tentunya sangat berbeda dengan psoriasis di bagian tubuh lainnya. Bagian kulit wajah biasanya lebih tipis dibandingkan kulit lainnya yang tentu saja harus berbeda perawatannya.

Pada wajah, biasanya psoriasis dijumpai di area alis, kulit antara hidung dan bibir atas, kulit di atas kening, dan garis rambut. Ada banyak pilihan untuk mengobati psoriasis di muka, terutama bagian-bagian tertentu ini. Lakukan konsultasi intens dengan dokter untuk mendapatkan hasil maksimal. Apa saja pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi psoriasis?

Sering-seringlah Anda untuk berkonsultasi dengan dokter ahli untuk mendapatkan hasil maksimal. Lalu apa saja pengobatan yang dapat dilakukan, simak penjelasannya berikut ini.

  1. Pengobatan untuk wajah

Ada beberapa jenis perawatan yang utama untuk psoriasis wajah. Para ahli merekomendasikan obat-obatan berikut ini:

  1. Obat kortikoateroid protein rendah. Contohnya: salep, krim, lotion, atau spray yang dapat mengurangi kemerahan serta pembengkakan.
  2. Vitamin D sintesis. Contohnya: salep dengan kandungan calcipotriene untuk memperlambat pertumbuhan sel kulit mati.
  3. Retinoid. Obat ini dapat membantu untuk menghilangkan dan meredakan peradangan yang terjadi. Namun, kulit berisiko teriritasi.
  • Pengobatan untuk lipatan mata

Pengobatan psoriasis lipatan mata dapat dilakukan dengan cara berikut ini:

  1. Obat kotrikosteroid khusus untuk mengobati scaling. Namun, jangan terlalu banyak menggunakan obat tersebut, karena adanya risiko katarak.
  2. Obat eksim pimecrolimus. Memang aromanya ‘menyengat’. Namun tenang saja, sebab obat jenis ini tidak akan memberi efek samping steroid.
  • Pengobatan untuk telinga

Pada beberapa kasus, psoriasis dapat menyerang telinga yang menyebabkan Anda kehilangan pendengaran. Dokter dapat membuang kulit mati yang menutupi telinga. Biasanya psoriasis tidak menyebabkan permasalahan hingga telinga bagian dalam. Salah satu cara untuk mengobati psoriasis di telinga adalah dengan kortikosteroid yang dapat diteteskan di telinga.

  • Pengobatan untuk sekitar mulut dan hidung

Pengobatan psoriasis khususnya pada  hidung dan mulut memerlukan:

  1. Krim atau salep khusus untuk area yang basah
  2. Larutan garam untuk berkumur, berfungsi menghilangkan rasa sakit

Agar penggunaan obat-obatan di atas efektif, perhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Gunakan obat dalam jumlah kecil.
  2. Berhati-hatilah saat mengoleskan krim dan salep di sekitar mata.
  3. Konsultasi dengan dokter
  4. Ikuti petunjuk dokter
  5. Jika terjadi efek samping, segera konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan solusi.
Perenting
Tags: 

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*