4 Langkah Mudah untuk Merawat Kulit

Anda mungkin bisa dengan mudah mengetahui jenis kulit Anda dengan pengamatan sekilas. Apakah itu berminyak, kering, atau sensitif. Namun, apa Anda benar-benar mengetahui jenis kulit Anda? Mengetahui jenis kulit sangat penting untuk melakukan perawatan yang tepat. Hal ini bertujuan untuk mengurangi masalah yang semakin buruk, seperti munculnya jerawat, kulit yang kering, dan masalah lainnya.

Tidak peduli apapun jenis kulitnya, Anda butuh perawatan rutin untuk kulit wajah. Ada 4 langkah dasar yang dapat dilakukan di pagi dan malam hari.

  1. Cleansing

Pilihlah pembersih yang membuat kulit Anda kencang setelah dicuci. Bersihkan wajah Anda tidak lebih dari dua kali dalam sehari, atau bahkan lakukan hanya sekali jika Anda tidak memakai riasan, keluar rumah, atau memiliki kulit kering. Hindari mencuci yang berlebihan, hal ini akan mengurangi minyak alami pada wajah.
 

  • Serum

Serum dengan vitamin C atau peptida akan lebih baik dipakai pada pagi hari, sebelum Anda mengoleskan tabir surya. Di malam hari, retinol dan retinoid bisa bekerja maksimal.

  • Pelembap

Kulit yang berminyak juga membutuhkan pelembap, tapi dengan dosis yang ringan, berbasis gel, dan tidak menghalangi pori-pori kulit. Sebagian besar produk perawatan kulit, memiliki label kandungan pada kemasan.

  • Tabir surya

Oleskan tabir surya setidaknya yang mengandung SPF 30,15 menit sebelum beraktivitas di luar rumah. Sebab, diperlukan waktu untuk mengaktikfkan tabir surya. Warna kulit yang gelap membutuhkan perlindungan lebih banyak terhadap sinar matahari karena hiperpigmentasi lebih sulit untuk diperbaiki.

Untuk semua jenis kulit, ada beberapa tips perawatan.

  1. Jaga kulit tetap lembap
  2. Ganti sarung bantal seminggu sekali
  3. Cuci rambut sebelum tidur
  4. Gunakan tabir surya setiap hari dan aplikasikan 15 menit sebelum keluar ruangan

Melakukan perawatan kulit harus diawali dengan hal yang dasar dan sederhana untuk melihat reaksi kulit Anda. Jika sudah nyaman, maka Anda dapat menambahkan produk lain, seperti masker eksfoliasi atau perawatan lain yang dapat membantu menyehatkan kulit Anda.

Lalu, bagaimana cara melakukan perawatan kulit yang bermasalah? Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah kulit tanpa merusak kulit Anda. Berikut adalah beberapa cara yang sudah terbukti secara ilmiah.

  1. Jerawat

Perawatan jerawat sebenarnya tergantung pada seberapa serius jerawat yang diderita. Perawatan kulit secara keseluruhan adalah langkah yang penting dalam mengobati jerawat. Namun untuk jerawat ringan Anda dapat menggunakan produk yang mengandung:

  • Asam salisilat
  • Benzoyl peroxide
  • Asam alfa hidroksi
  • Adapalene
  • Minyak pohon teh (tea tree oil)

  • Filament sebaceous

Adalah tabung kecil seperti silinder di pori-pori wajah yang berwarna kuning keputihan. Ini sering dianggap komedo. Padahal sebenarnya komedo adalah jenis jerawat yang teroksidasi. Filament ini dapat membuat pori-pori Anda terlihat besar dan menggoda Anda untuk mencabutnya dari kulit. Tetapi metode ini memiliki lebih banyak efek samping daripada manfaatnya. Perawatan kulit yang dapat dilakukan adalah dengan alat ekstraksii. Alat ini berupa logam kecil dengan lingkaran kecil di ujungnya.

  • Blemish, bekas luka, dan hiperpigmentasi

Noda, bekas luka, dan bintik gelap di wajah dapat berlangsung mulai dari beberapa minggu hingga enam bulan, sebelum akhirnya memudar. Lakukan perawatan segera untuk bekas dan noda luka dengan riasan atau tabir surya, untuk menghindari kerusakan lebih parah karena sinar matahari. Bahan-bahan ini dapat membantu memudarkan bekas luka:

  • Silikon
  • Madu
  • Vitamin C
  • Niacinamide

Asam retinoate

Kulit dan Kecantikan
Tags: 

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*