7 Gerakan Yoga Mudah yang Bisa Dilakukan di Rumah

Apakah Anda berkeinginan untuk mencoba olahraga yoga? Anda mungkin mengira bahwa yoga hanya dapat dilakukan di gym bersama-sama dalam satu kelas yoga yang dipimpin oleh seorang instruktur. Ternyata, ada pula lho gerakan yoga mudah yang dapat Anda praktikkan secara mandiri di rumah.

gerakan yoga

Walaupun terkesan mudah, namun manfaat yang akan Anda peroleh cukup menarik lho. Contoh manfaat gerakan yoga pemula, antara lain melatih keseimbangan tubuh sekaligus meningkatkan kelenturan tubuh. Tidak hanya itu, gerakan yoga pemula ini juga dipercaya dapat meredakan stres.

7 Gerakan yoga pemula

  • Sukhasana

Gerakan yoga pemula yang pertama yaitu disebut dengan sukhasana. Gerakan ini termasuk salah satu gerakan yoga yang paling mudah dilakukan. Tidak heran, jika gerakan ini dijuluki sebagai easy pose.

Melakukan gerakan sukhasana, Anda hanya perlu duduk bersila dengan mengistirahatkan kedua tangan di atas bagian lutut Anda. Di saat yang bersamaan, Anda perlu untuk meluruskan tulang belakang dan menekan tulang yang menjadi pijakan duduk ke lantai. Lakukan gerakan ini sambil menutup mata dan bernapas dengan teratur.  

Inti dari gerakan sukhasana adalah membantu Anda untuk melenturkan punggung, dan meredakan stres.

  • Marjaryasana

Disebut juga sebagai pose kucing, Anda diharuskan untuk melakukan persiapan pose seperti gerakan push up. Perbedaannya adalah lutut menyentuh lantai dalam pose ini. Pada dasarnya, gerakan marjaryasana serupa dengan push up wanita.

Manfaat yang Anda dapatkan dari gerakan ini adalah melatih kelenturan tubuh, terutama pada bagian belakang, bahu, dada, dan leher.

  • Vrksasana

Gerakan vrksasana juga dikenal sebagai pose pohon. Gerakan ini mengharuskan Anda untuk berdiri tegak dengan menaikkan kedua tangan di atas kepala Anda hingga mereka bersentuhan. Selanjutnya, Anda perlu untuk menaikkan salah satu kaki dan menyentuh bagian samping lutut dengan menggunakan telapak kaki Anda. Tahanlah gerakan kaki ini selama 30 detik dan ulangi gerakan dengan kaki satunya.

Dari gerakan vrksasana, Anda dapat belajar untuk meregangkan tubuh, mulai dari bagian tumit hingga ujung jari. Gerakan ini juga mengajak Anda untuk menjaga keseimbangan tubuh.

  • Adho mukha svanasana

Serupa dengan huruf V terbalik, gerakan ini mengharuskan Anda untuk melengkungkan tubuh. Langkah pertama yaitu dengan mempersiapkan tubuh pada posisi persiapan push up, naikkan bokong dan pinggul ke atas, lalu luruskan leher dengan mengarahkan mata pada bagian kaki.

Gerakan ini dapat memberikan sensasi rileks pada sistem saraf Anda dan melenturkan tubuh.

  • Shavasana

Gerakan Shavasana juga dikenal sebagai pose meditasi tahap akhir. Anda dapat melakukan gerakan ini dengan posisi terlentang, seperti akan berbaring tidur di lantai. Walaupun terkesan mudah, gerakan shavasana membutuhkan konsentrasi dan ketenangan maksimal dalam piiran Anda.

Rebahkan diri di atas lantai dan arahkan mata ke atas sambil memposisikan kedua tangan di samping tubuh. Cobalah untuk berada dalam posisi rileks terbaik.

  • Balasana

Disebut dengan child pose, gerakan ini dimulai dengan melakukan pose adho mukha svanasana, kemudian menurunkan bokong sampai lutut menyentuh lantai. Lalu, fokuskanlah pandangan Anda ke arah bawah sambil mendekatkan dada ke arah lantai.

Anda juga dapat melakukan gerakan ini dengan sedikit modifikasi seperti menempatkan kedua tangan secara bersila di bawah kening Anda.

  • Tadasana

Gerakan tadasana dilakukan dengan berdiri tegak, membusungkan dada, dan melebarkan kedua tangan ke samping tubuh. Gerakan ini juga disebut dengan mountain pose.

Manfaat dari gerakan ini tidak lain untuk memperbaiki postur tubuh dan melatih keseimbangan.

Uncategorized

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*