8 Manfaat Daun Melinjo yang Tak Disangka-sangka

Di Indonesia, melinjo berikut daunnya bukanlah sesuatu yang asing lagi. Biji maupun daun melinjo telah menjadi bagian dari dunia kuliner Indonesia. Ditumis maupun dijadikan campuran dalam sayur kerap menjadi pilihan ibu-ibu untuk mengolah biji maupun daun melinjo. Tidak sekadar rasanya yang lezat, nyatanya segudang manfaat daun melinjo juga sudah menanti Anda ketika mengonsumsi jenis sayuran yang satu ini.

Daun melinjo nyatanya bisa mendukung kesehatan dan menghindari Anda dari berbagai jenis penyakit kronis. Manfaat daun melinjo tersebut bisa Anda peroleh karena keseluruhan bagian melinjo memiliki kandungan antioksidan tinggi. Di mana konsentrasi antioksidan yang paling tinggi bisa ditemui di daun melinjonya.

Berikut ini adalah 8 manfaat daun melinjo yang mungkin tidak pernah Anda sangka sebelumnya. Pasalnya, berbagai macam manfaat ini sangat jarang terekspose, meskipun sudah terbukti lewat penelitian ilmiah.

  1. Obat Anti Tua

Banyak orang berusaha mencari krim guna menghindari penuaan dini yang bakal tampak di wajah. Padahal dengan daun melinjo, Anda juga mampu memperoleh manfaat antipenuaan tersebut. Antioksidan tinggi pada daun melinjo mampu memproduksi kolagen yang bermanfaat meregenerasi sel-sel kulit yang mati sehingga Anda tampak awet muda.

  •  Menyehatkan Ginjal

Manfaat daun melinjo yang tak disangka-sangka adalah kemampuannya untuk menjaga kesehatan ginjal. Di mana daun melinjo bisa mendorong produksi pembuangan limbah dari ginjal lewat urine dengan kandunagn fosfonya. Pembuangan ytang lancar membuat keseimbangan ginjal Anda menjadi lebih terjaga.

  • Menguatkan Otot

Bukan hanya kaya antioksidan, daun melinjo juga memiliki kandungan protein tinggi di dalma tiap lembarnya. Protein ini mampu menguatkan fungsi otot Anda. Pasalnya, protein yang berbentuk mikrofilamen pada daun melinjo merupakan salah satu komponen pembangun struktur otot.

  • Menyembuhkan Diare

Daun melinjo merupakan pilihan tepat untuk mengatasi masalah pencernaan. Secara khusus, daun melinjo bisa membantu Anda untuk pulih dari kondisi buang-buang air atau diare. Kandungan anti oksidan yang tinggi pada jenis dedaunan ini disebut ampuh membunuh bakteri e.Coli yang merupakan sumber penyebab diare. Tidak tanggung-tanggung, tingkat pembasmian daun melinjo terhadpa bakteri penyebab diare tersebut mencapai 90 persen!

  • Meminimalkan Risiko Kanker

Percaya tidak manfaat daun melinjo yang satu in? Nyatanya, daun melinjo memang memiliki kemampuan untuk meminimalkan risiko terkenal kanker pada orang-orang yang rutin mengonsumsinya. Manfaat ini bisa diperoleh dari daun melinjo karena senyawa antioksidan pada tumbuhan ini berfungsi efektif menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel tubuh.

  • Mengontrol Gula Darah

Kandungan antioksidan yang tinggi pada daun melinjo ternyata berperan besar dalam mengontrol gula darah. Ini karena daun melinjo memiliki kandungan antioksidan berjenis flavonoid yang mampu mengurangi stress oksidatif pada tubuh sehingga membuat gula darah lebih stabil. Flavanoid juga berfungsi mencegah kerusakan pancreas sehingga risiko terkena diabetes juga bisa ikut turun.

  • Meningkatkan Kolesterol Baik

Kolesterol baik berfungsi dalma menjaga kesehatan Anda, khususnya menghindarkan serangan stroke. Kadar kolesterol baik juga mampu mencegah perkembangan kadar kolesterol jahat yang kerap menimbukan masalah kardiovaskular. Antioksidan pada daun melinjo nyatanya mampu membuat kadar kolesterol baik meningkat sebab metabolisme terjaga.

  • Memelihara Kesehatan Tulang

Manfaat daun melinjo yang tak bisa ditampik adalah kemampuannya memelihara kesehatan tulang Anda. Daun melinjo memiliki kandungan kalsium dan mineral yang tinggi sehingga bisa mengurangi tingkat kekeroposan tulang. Kalsium dan mineral pada daun melinjo juga berperan dalam proses pembentukan tulang.

Dengan manfaat daun melinjo yang begitu banyak, Anda pasti makin tertarik untuk mengonsumsinya secara rutin. Kira-kira ada ide resep menu apa untuk mengolah jenis sayuran yang satu ini?

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*