Alternatif Operasi Varikokel dengan Cara Alami

Operasi varikokel (varicocelectomy) membutuhkan bantuan dari tim dokter

Organ reproduksi harus dijaga kesehatannya, pasalnya banyak sekali risiko kesehatan yang mengintai alat vital manusia tersebut. Bagi para pria, salah satu kondisi medis yang terjadi di organ reproduksi dan memiliki dampak besar adalah varikokel. Jika sudah parah, kadang dokter tak punya cara lain untuk mengatasi ini selain operasi varikokel.

Secara sederhana, varikokel dapat dimengerti sebagai sebuah kondisi di mana skrotum atau kantong zakar mengalami pembengkakan. Masalah itu berasal dari pembuluh darah vena di area tersebut. 

Pembuluh darah yang membawa darah dari testis ke penis tersebut seharusnya tidak teraba atau terasa, tetapi saat terjadi varikokel pembuluh darah vena tersebut tampak seperti banyak cacing dalam skrotum. Mudahnya, varikokel adalah varises yang terjadi di kantong zakar.

Varikokel dapat membuat testis mengecil sehingga dapat mengganggu produksi sperma dan pada akhirnya mempengaruhi kesuburan pria. Operasi varikokel dilakukan untuk menormalkan kembali aliran darah ke dan dari organ reproduksi. Operasi ini juga dikenal dengan istilah medis varicocelectomy.

Bagi sebagian orang, operasi merupakan sebuah prosedur medis yang menakutkan. Terlebih operasi tersebut nantinya dilakukan di area yang cukup vital. Jika varikokel masih dalam tahap awal atau belum parah, seseorang bisa saja mengalihkan pengobatan dengan beberapa jalan alternatif seperti terangkum di bawah ini:

  • Pengobatan Herbal 

Pengobatan herbal ini dapat dilakukan bersamaan dengan prosedur homeopathic. Diyakini kombinasi ini dapat meringankan gejala yang berasal dari varises di skrotum atau varikokel. Ada beberapa obat herbal yang bisa dikonsumsi untuk mengurangi gejala yang dikeluhkan.

Akan tetapi, pengobatan herbal ini memerlukan konsultasi dengan naturopath atau praktisi kesehatan holistik sebelum memulai program pengobatan. Mengonsumsi obat varikokel alami secara sewenang-wenang atau meresepkan diri sendiri bisa berbahaya, karena herbal tertentu jika dicampur bersama, bisa beracun, atau menghasilkan efek samping yang tidak diinginkan ketika dikombinasikan dengan beberapa obat resep.

  • Latihan Kegel

Senam kegel sudah sejak lama dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah di area reproduksi. Bahkan latihan kegel disebut juga mampu mengobati varikokel atau membantu meringankan gejala varikokel. Kegel adalah latihan panggul yang mudah dijalani, bila dilakukan secara konsisten dapat meningkatkan dan mengembalikan tonus otot dan aliran darah.

  • Mengubah Pola Makan

Selain itu, alternatif operasi varikokel yang diyakini ampuh adalah mengubah pola makan. Untuk mendapatkan manfaatnya, penderita varikokel dianjurkan makan makanan yang mengandung tepung putih, gula, dan makanan olahan. Semuanya dapat berkontribusi terhadap banyak konsekuensi kesehatan yang tidak diinginkan termasuk pembentukan varikokel.

Inti dari pola makan untuk mengatasi varikokel adalah dengan menerapkan pola makan sehat dengan meningkatkan asupan serat tinggi dan makanan seperti sayuran segar, buah-buahan, dan biji-bijian ke dalam konsumsi hariannya. Pasalnya, makanan kaya flavonoid ini dikenal bisa meningkatkan integritas struktural pembuluh darah.

Menurut pakar kesehatan, kekurangan serat akan sering menyebabkan ketegangan selama buang air besar. Ketegangan ini berkontribusi pada varises, jadi mengatasi masalah usus mungkin bisa membantu mengatasi masalah vena skrotum dan penyakit varikokel.

  • L-Arginine

L-Arginine merupakan salah satu asam amino yang dapat meningkatkan sirkulasi alami ke organ reproduksi untuk meningkatkan detoksifikasi dan untuk membawa darah kaya nutrisi yang mengandung oksigen ke sperma. L-Arginine juga terbukti meningkatkan produksi sperma dan memberi manfaat positif pada pergerakan sperma.

***

Itulah beberapa alternatif yang bisa dilakukan untuk menghindari operasi varikokel. Namun, selalu pastikan Anda tetap telah melakukan pemeriksaan kondisi ke dokter atau petugas medis yang kompeten. Tujuannya tidak lain agar semua yang dilakukan dapat memberikan dampak positif serta menghindari terjadinya hal-hal yang justru tak diinginkan.

Tindakan Medis

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*