Berikut Cara Pijat Bayi yang Tepat dan Manfaatnya untuk Si Kecil

Pijatan hangat dari orangtua khususnya ibu memberi banyak manfaat bagi bayi kecil Anda. Namun, tentu saja Anda tidak bisa sembarangan. Ada cara pijat bayi dan teknik agar tidak menyakiti tubuh si Kecil.

cara pijat bayi

Manfaat Pijat Bayi bagi Buah Hati Anda

Jika dilakukan teratur, tentu saja ada manfaat yang didapat bagi si kecil jika rajin dilakukan. Berikut manfaat pijat bayi.

  • Melancarkan pencernaan
  • Memperkuat bonding antara orangtua dan anak
  • Membuat bayi tidur lebih nyenyak
  • Merangsang pertumbuhan bayi
  • Membuat bayi merasa lebih aman, nyaman, dan rileks
  • Membuat bayi jarang menangis dan dapat meredakan tangisan bayi
  • Meningkatkan sirkulasi darah bayi
  • Bayi yang lahir dengan penyakit kuning bisa pulih lebih cepat dengan pijatan
  • Mendukung perkembangan mentak, fisik, dan juga sosial
  • Mengurangi rasa sakit tumbuh gigi pada si Kecil

Cara Pijat Bayi yang Tepat

Pijat bayi memang memberikan banyak manfaat bagi anak Anda. Namun, ada waktu-waktu tertentu yang tidak disarankan untuk melakukan pijat bayi. Seperti ketika anak baru selesai makan karena bisa menyebabkan anak berisiko muntah. Hindari juga pijat bayi ketika anak sedang tidak mood. 

Memang, tidak ada waktu yang pasti kapan boleh dan tidak boleh anak diberikan pijatan. Pijat bayi bisa dilakukan selama anak Anda merasa nyaman, baik pagi, siang, sore atau malam. 

Sebelum mulai memijat bayi, persiapkan terlebih dulu apa saja yang diperlukan. Seperti handuk atau alas bayi, minyak untuk memijat bayi, pakaian bersih, dan juga popok. 

Berikut cara oijat bayi yang benar untuk dilakukan di rumah.

  1. Pijat Wajah

Anda bisa memulai memijat si Kecil dari bagian wajah. Sentuh wajah dengan gerakan seperti membuka buku, mulai dari tengah wajah ke arah samping. Lakukan gerakan ini sebanyak 6 kali.

Lalu, pijat dan usap bagian atas alis menggunakan ibu jari. Lakukan sebanyak dua kali. Gerakan ini baik agar bayi tidur lebih nyenyak. 

Lanjutkan dengan memijat area sudut mata dengan gerakan melingkar melewati tulang hidung bayi dengan ibu jari atau telunjuk. Terakhir, Anda bisa memijat lembut bagian atas dan bawah bibir hingga membentuk senyuman. Kemudian, pijat area rahang hingga ke belakang telinga dengan tiga jari Anda. 

  1. Pijat Tangan

Pijatan bagian tangan bisa dimulai dengan menggerakkan tangan kanan dan kiri dari pangkal lengan bagian bawah bayi hingga ke pergelangan secara bergantian. Gerakan ini seperti gerakan memerah. Bisa juga dilakukan dari arah berlawanan, mulai dari pergelangan ke pangkal lengan.

Selain itu ada juga gerakan rolling, yaitu gerakan seperti menggulung, yang dilakukan dari pangkal lengan bayi ke pergelangan tangan. Atau gerakan memutar dan memeras yang dilakukan mulai dari pangkal ke pergelangan tangan. Ingat, lakukan gerakan tersebut dengan lembut, ya.

Pijat juga area telapak dan punggung tangan serta jari-jari agar sirkulasi darah bayi lebih lancar.

  1. Pijat Dada

Untuk area dada ini, ada 2 jenis gerakan yang bisa dilakukan, yaitu cross movement dan butterfly.

Cara pijat bayi dengan gerakan butterfly adalah dengan meletakkan telapak tangan di tengah dada bayi, lalu mulai pijat lembut ke arah bawah leher dan bahu seperti membentuk sayap kupu-kupu. 

Kemudian letakkan telapak tangan bayi di bagian sudut rusuk paling bawah, dan posisikan tangan bentuk menyilang (cross).

  1. Pijat ‘I Love You’ pada Bayi

Mungkin Anda sudah sering dengar gerakan pijat ‘I Live You’ ini karena memang cukup populer. Pijatan ini bsia dimulai dengan memijat perut sebelah kiri membentuk huruf I. Lakukan dengan lembut dan menggunakan telapak tangan. Lalu, pijat perlahan dari sisi sebelah kanan seperti membentuk huruf L. Lanjutkan dengan gerakan membentuk huruf U terbalik dengan telapak tangan memijat perut. Gerakan tersebut dilakukan searah jarum jam ya. Gerakan ‘I Love You’ ini dapat membantu mengatasi perut kembung, sembelit, dan mengurangi kolik.

Cara pijat bayi di atas bisa Anda coba di rumah dengan gerakan yang lembut dan di waktu yang tepat. Anda juga bisa mengikuti kelas pijat bayi agar lebih mahir dan manfaatnya juga lebih maksimal bagi bayi Anda.

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*