Bukan Hanya Menyegarkan, Inilah Berbagai Manfaat Minum Air Kelapa!

Bagi Anda yang tinggal di daerah tropis, ketika cuaca sedang terik tentu minum air kelapa akan terasa sangat menyegarkan. Air kelapa ternyata tidak hanya menyegarkan namun memberikan banyak manfaat minum air jika dilakukan secara rutin. Air kelapa dapat berfungsi sebagai pengganti air putih sehingga cocok dikonsumsi setelah olahraga, makan, atau ketika badan terasa lemas. Bagi wanita hamil dan menyusui perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi air kelapa. Selain itu, jangan konsumsi air kelapa bersamaan dengan obat sebab dapat membuat kerja obat menjadi kurang efektif.

  1. Menangkal radikal bebas

Air kelapa memiliki kandungan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Dengan air kelapa, proses pengeluaran racun dari dalam tubuh pun dapat terbantu. Hal ini secara tidak langsung dapat menghindarkan Anda dari penyakit ginjal. Selain itu, air kelapa juga dapat membantu melawan infeksi virus dan bakteri di dalam tubuh. 

  • Mengurangi dehidrasi

Saat tubuh kekurangan cairan maka Anda akan mengalami dehidrasi. Air kelapa dapat menggantikan cairan tubuh yang terserap setelah beraktivitas atau ketika Anda terserang diare. Dibandingkan dengan air putih biasa, minum air kelapa lebih efektif untuk mengurangi dehidrasi yang terjadi. Hal tersebut disebabkan oleh keseimbangan plasma dan elektrout pada air kelapa lebih mirip dengan darah ketimbang air putih biasa.

  • Mengatasi masalah pencernaan

Masalah pencernaan dan metabolisme tubuh dapat diatasi dengan air kelapa. Kandungan asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak pada air kelapa dapat mengatasi masalah pencernaan seperti diare. Metabolisme dalam tubuh juga akan ikut meningkat apabila Anda rutin mengonsumsi air kelapa.

  • Menurunkan risiko penyakit jantung

Air kelapa akan membantu menurunkan tingkat kolesterol dan trigliserida. Dengan begitu, risiko Anda terkena penyakit jantung pun ikut menurun. Air kelapa juga dapat membantu mencegah penumpukan kalsium, oksalat, dan zat lain yang memungkinkan menjadi batu ginjal.

  • Mencegah penuaan dini

Bagi kulit, air kelapa juga dapat mencegah penuaan dini. Kulit tidak akan mudah berkerut jika Anda rajin mengonsumsi air kelapa secara teratur. Kandungan asam laurat dan sitokin akan membantu pertumbuhan sel dengan lebih cepat. Selain itu, air kelapa juga bermanfaat pada proses pembentukan jaringan kolagen. Hasilnya kulit akan semakin lembut dan cerah.

  • Membantu menurunkan berat badan

Kandungan lemak, gula, dan kalori yang rendah pada air kelapa bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan. Saat yang paling tepat untuk mengonsumsi air kelapa adalah pada pagi hari saat perut masih kosong. Dengan begitu, diet Anda akan terbantu dengan turunnya berat badan secara bertahap.

  • Menyuburkan sperma

Jenis makanan seperti tauge lebih terkenal khasiatnya untuk menyuburkan sperma jika dibandingkan dengan air kelapa. Akan tetapi, bagi pria yang merokok dan rentan terkena impotensi dan kemandulan, air kelapa dapat membantu. Kandungan antioksidan pada air kelapa bermanfaat untuk menetralkan nikotin sehingga membuat kualitas sperma membaik. Meski demikian, minum air kelapa saja tentu tidak cukup. Anda sebaiknya berhenti merokok jika ingin mengurangi risiko vitalitas bermasalah.

Air kelapa dapat dikonsumsi dengan cara mencampurkan bahan lain seperti madu, soda, atau sirup. Akan tetapi, mengonsumsi air kelapa tanpa campuran apa pun tetap menjadi pilihan terbaik. Air kelapa memang memberi banyak manfaat bagi tubuh asalkan takaran yang digunakan tepat. Anda cukup minum segelas air kelapa setiap harinya. Air kelapa mengandung kalori, sehingga jika Anda meminumnya terlalu banyak maka tubuh akan mendapat tambahan kalori terlalu banyak.

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*