Cara Mengempeskan Jerawat Batu Sendiri dengan Aman

Jerawat batu yang timbul di kulit wajah memang kerap menjengkelkan dan dapat membuat Anda menjadi tidak percaya diri. Sebagain besar jerawat terbentuk ketika sel-sel kulit mati, minyak dan bakteri yang menutupi pori-pori. Hal ini menyebabkan terjadinya infeksi bakteri sehingga timbul peradangan di bawah kulit, yang kemudian memunculkan benjolan radang seperti nodul dan kista. Salah satu jenis kerawat yang paling sulit diatasi adalah jerawat batu.

Jerawat batu dapat disebabkan karena infeksi yang terjadi pada lapisan lebih dalam dan kondisi peradangan lebih parah dari jerawat biasa. Hal ini dapat menyebabkan jerawat batu lebih besar, lebih keras, dan lebih susah dihilangkan. Sering kali jerawat batu muncul tanpa memiliki mata jerawat. Hal ini dapat menyebabkan jerawat semakin lama matang dan semakin sulit untuk mengempeskan jerawat batu tersebut.

Tips mengempeskan jerawat batu sendiri

Cara mengempeskan jerawat batu tergantung pada tingkat keparahannya, jerawat batu dapat diobati diobati di rumah atau dengan bantuan dokter kulit. Cara mengempeskan jerawat batu yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah dapat dilakukan dengan menggunakan cara berikut ini:

  • Pemberian krim dan salep

Dikutip dari Medical News Today, Akademi Kedokteran Kulit Amerika Serikat (AAD) merekomendasikan penggunaan krim atau salep yang mengandung benzoil peroksida, asam salisilat, dan sulfur. Beberapa jenis salep kulit dijual bebas tanpa resep dan bisa didapatkan di apotek atau toko obat.

  • Kompres hangat

Kompres hangat berfungsi melunakkan permukaan bintil jerawat. Hal ini memungkinkan nanah dapat muncul ke permukaan sehingga jerawat batu dapat lebih cepat sembuh.

  • Kompres dengan es

Selain kompres hangat, cara mengempeskan jerawat batu adalah dengan kompres es pada permukaan jerawat. Cara ini dilakukan untuk mengurangi peradangan dan rasa nyeri pada jerawat batu.

  • Pembersih yang tidak mengandung sabun

Sejumlah temuan dari beberapa penelitian menyebutkan bahwa pembersih nonsabun lebih baik untuk mengobati jerawat jika dibandingan dengan sabun tradisional.

  • Pemberian minyak daun teh (tea tree oil)

Sebuah studi di tahun 2007 menunjukkan bahwa tea tree oil lebih efektif 3,5 kali dalam mengurangi jumlah lesi jerawat dan 5,75 kali lebih efektif dari efek plasebo dalam mengurangi tingkat peradangan jerawat.

Jika jerawat batu tidak kunjung sembuh, jangan berusaha untuk mengempeskannya dengan paksa. Hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya dampak yang lebih parah sepertI:

  • Membuat jerawat semakin besar
  • Meningkatkan peradangan
  • Nanah dan kotoran malah terdorong lebih dalam ke pori-pori
  • Meningkatkan risiko infeksi
  • Mengakibatkan jaringan parut.

Suntikan kortison dapat membantu mengurangi kemerahan, pembengkakan, dan nyeri akibat berjerawat yang parah dalam beberapa hari. Perlu diingat bahwa suntik kortison hanya boleh dilakukan oleh dokter.

Selain itu tindakan medis berupa drainase dan ekstraksi jerawat, laser, chemical peels, serta blue light therapy, dapat membantu mengurangi bakteri dan peradangan di kulit akibat jerawat batu

Itulah beberapa cara mengempeskan jerawat batu yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Satu hal yang perlu diingat, jangan memencet jerawat sendiri karena tindakan tersebut hanya akan memperparah kondisi jerawat Anda.

Penyakit

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*