Efek Buruk dari Diet Dukan

Salah satu diet yang cukup populer dan dikenal banyak orang adalah diet dukan, diet yang satu ini mendapat perhatian banyak orang. Termasuk para artis Hollywood, banyak dari mereka yang menerapkan diet ini untuk menurunkan berat badan. Seseorang yang melakukan diet ini tidak diperkenankan mengonsumsi karbohidrat.

Orang yang melakukan diet ini diperbolehkan mengonsumsi apa pun makanan dengan kandungan protein yang tinggi, nantinya makanan ini menjadi makanan yang bisa dikonsumsi setiap hari. Sama seperti diet pada umumnya, diet yang satu ini juga memiliki beberapa tahapan yang harus dilalui dengan membiasakan diri dengan perubahan pola makan diet.

Dampak Buruk Diet Dukan

Dampak buruk diet bukan merupakan rahasia umum bagi setiap orang yang melakukan diet, termasuk diet yang satu ini. Beberapa dampak buruk diet yang bisa dialami seseorang ketika sama sekali tidak mengonsumsi karbohidrat di antaranya adalah sebagai berikut ini, untuk itu perlu diperhatikan dengan baik-baik.

  • Sembelit

Diet ini mengharuskan orang yang melakukan harus mengonsumsi banyak protein, sementara terlalu banyak mengonsumsi protein tidak baik untuk tubuh. Salah satu yang bisa dialami adalah sembelit, karena banyaknya serat yang terdapat di dalam tubuh. Sembelit merupakan efek yang biasa dialami oleh banyak orang ketika diet.

  • Masalah Ginjal

Protein berlebih yang dikonsumsi juga bisa membuat sistem pembuangan bekerja lebih keras, terutama dalam menstabilkan asupan gizi yang terdapat di dalam tubuh. Konsumsi protein berlebih membuat ginjal bekerja lebih keras dalam menyaring darah sekaligus mengurangi protein. Ancaman terbesar pada kondisi ini adalah gangguan ginjal.

  • Kekurangan Gizi

Tubuh akan kekurangan sumber gizi lain, karena hanya protein yang dikonsumsi, gizi tersebut bisa dari vitamin, mineral, karbohidrat, lemak dan lain sebagainya. Tentunya ini akan memberikan dampak buruk untuk tubuh manusia karena membuatnya kekurangan gizi. Sementara, gizi yang tidak terpenuhi dengan baik menyebabkan tubuh rentan terserang penyakit.

  • Bau Mulut

Salah satu efek yang ditimbulkan diet jenis dukan adalah seseorang akan mengalami bau mulut, hal ini disebabkan karena terjadinya ketosis dan tubuh akan mengambil lemak untuk dibuang dan diubah menjadi energi. Kondisi ini memang bisa menurunkan berat badan, tetapi seseorang akan mengalami kondisi bau mulut.

  • Asam Urat

Tidak hanya masalah ginjal, seseorang juga akan terserang penyakit asam urat setelah menerapkan diet ini. Tingkat asam urat tubuh yang meningkat dikarenakan kadar karbohidrat yang sangat rendah, sementara protein yang terdapat di dalam tubuh berada dalam kondisi sangat tinggi. Kristal asam urat bisa membuat nyeri akut pada sendi kaki.

Banyak pakar menyebut bahwa diet ini bisa menyebabkan masalah jika dilakukan dalam waktu jangka panjang, sementara beberapa di antaranya menyebut obesitas merupakan risiko kesehatan yang sebenarnya. Perlu diketahui bahwa pola makan ini sebelumnya diterapkan oleh Kate Middelton sebelum melangsungkan pernikahan.

Survei yang dilakukan pada hampir 5.000 orang yang melakukan diet dukan menemukan bahwa sebanyak 80 persen bisa mendapatkan kembali berat badan yang hilang, bahkan dalam jangka waktu hingga tiga tahun. Pakar yang menganalisis hasil survei ini mengklaim diet ini sangat berisiko pada kesehatan masyarakat.

Tak hanya mendatangkan bahaya bagi orang yang menerapkannya, selain itu beberapa pihak menyebut diet yang ditemukan oleh ahli gizi asal Perancis ini hanya sia-sia ketika dilakukan untuk menurunkan berat badan.

Diet Sehat
Tags: 

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*