Kimchi Ternyata Tak Hanya Lezat, Tetapi Juga Bermanfaat untuk Kesehatan

Buat Anda pecinta budaya Korea tentunya sudah tidak asing dengan sayuran fermentasi bernama kimchi. Bahan kimchi terdiri dari campuran sawi putih dan lobak dicampur dengan bumbu-bumbu lainnya. Seiring budaya Korea yang semakin menjamur, kini Anda dapat menyicipi kimchi di mana-mana. Mari kenali makanan asal negeri gingseng ini lebih jauh lagi melalui penjelasan di bawah ini.

Apa itu Kimchi?

Dulu makanan ini dikenal dengan sebutan ‘chim-chae’ yang berarti “sayuran yang direndam,” dan kini dikenal dengan ‘kimchi.’ Pada dasarnya makanan fermentasi ini merupakan hidangan tradisional yang berasal dari negeri Korea.

Kimchi dibuat dengan cara memfermentasi sayuran yang dibumbui dengan bawang putih, jahe, bawang bombay dan cabai. Tampilannya didominasi dengan warna oranye dengan bau asam yang sangat menyengat. Penampilan makanan ini dapat menggugah selera makan dan rasanya benar-benar menyegarkan.

Selain enak, manfaat kimchi juga bermacam-macam. Makanan yang difermentasi dengan bakteri asam laktat probiotik memiliki manfaat yang mirip dengan cara yogurt menambahkan manfaat probiotik pada susu. Probiotik yang dihasilkan dapat menciptakan mikroorganisme untuk membantu sistem pencernaan.

Kimchi juga dipercaya sebagai salah satu makanan fermentasi yang sehat dengan kadar serat tinggi, namun memiliki rendah kalori.

Manfaat Kimchi untuk Kesehatan

Menurut ahli, manfaat terbesar dari kimchi ini berasal dari bakteri sehat yang ada pada proses fermentasi. Bakteri sehat ini dipercaya dapat melawan infeksi pada tubuh kita. Bahkan sebuah studi mengatakan bahwa kimchi memiliki kombinasi sifat antiinflamasi dan penurun kolesterol.

Tak hanya itu saja, makanan ini pun dapat mengurangi resiko penyakit kanker. Kimchi juga termasuk ke dalam makanan yang sarat dengan serat, sehingga bisa membuat kita merasa kenyang. Meski begitu, satu cangkir kimchi hanya memiliki 22 kalori saja.

Walaupaun bermanfaat untuk tubuh, mengonsumsi makanan ini harus dibatasi. Karena dalam kimchi terkandung sodium yang tinggi. Sehingga Anda yang memiliki tekanan darah tinggi harus hati-hati dalam mengonsumsinya. Selain itu, mengonsumsi kimchi terlalu banyak malah dapat mengganggu pencernaan.

Cara Memakan Kimchi

Tak perlu harus jauh-jauh ke Korea untuk menikmati manfaat kimchi, kini makanan tersebut sudah ada di mana-mana. Selain Anda bisa menemukannya di restoran Korea ataupun supermarket yang menyediakan makanan khas Korea, cara membuat kimchi di rumah pun sangat mudah.

Selain itu, Anda bisa mengonsumsi makanan fermentasi ini dengan disantap langsung atau dijadikan sebagai pendamping makanan favorit Anda. Bahkan Anda juga bisa menjadikannya sebagai salah satu bumbu untuk menambah rasa sedap pada hidangan makanan.

Intinya, tidak ada cara yang pasti untuk menikmati makanan super ini. Anda bisa memasukkan kimchi pada rebusan sayur-sayuran, telur orak-arik, hingga sebagai bumbu nasi goreng sekalipun. Jadi, tak hanya manfaat kimchi saja yang beragam, cara penyajiannya pun bermacam-macam

Diet Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*