Olahraga untuk Jantung, Coba 3 Latihan Berikut!

Jantung merupakan otot terpenting dalam tubuh Anda. Oleh karena itu, menjaga kesehatan jantung pun sama pentingnya dengan menjaga kesehatan tubuh Anda. Olahraga adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidak hanya bisa menurunkan berat badan saja, namun, olahraga pun baik bagi jantung. 

olahraga untuk jantung

Olahraga untuk jantung terdiri dari beberapa jenis latihan. Pun, berguna untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Nah, aktivitas fisik tersebut merupakan langkah besar menuju jantung yang baik dan sehat. 

Olahraga untuk jantung

Olahraga atau latihan fisik yang dilakukan secara teratur tentu akan memberikan efek positif bagi tubuh, terutama kesehatan jantung. Hal ini merupakan salah satu hal yang efektif untuk memperkuat otot jantung, menjaga berat badan Anda tetap terkendali, dan menangkal kerusakan arteri akibat kolesterol tinggi, gula darah tinggi serta tekanan darah tingi yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. 

Jadi, Anda membutuhkan jenis latihan yang dapat membuat kebugaran tubuh. Berikut beberapa jenis latihan yang dapat Anda lakukan untuk membuat tubuh dan jantung Anda tetap sehat. 

  1. Aerobik

Latiihan aerobik juga dikenal sebagai latihan kardio, di mana latihan tersebut dirancang untuk meningkatkan detak jantung dan membuat Anda berkeringat. Latihan kardio ini dapat membantu meningkatkan dan menurunkan tekanan darah Anda. Jika Anda menderita diabetes, latihan ini pun dapat membantu Anda mengontrol kadar gula darah. 

Center for Disease Control and Prevention (CDC), merekomendasikan bahwa setiap orang dewasa paling tidak harus mendapatkan setidaknya dua jam 30 menit untuk melakukan latihan kardio selama satu minggu. Nah, beberapa contoh latian kardio sedang sebagai berikut:

  • Jalan cepat
  • Bersepeda pada jalanan datar
  • Berenang dengan santai
  • Berkebun melakukan tarian

Jika And terbiasa untuk melakukan olahraga dengan intensitas sedang ke tinggi bsa melakukan beberapa latihan berikut dengan waktu minimal 30 menit atau disesuaikan dengan kekuatan Anda. Latihan berat ini pun dimaksudkan untuk membuat Anda terengah-engah dengan begitu detak jantung akan meningkat secara signifikan. 

  • Lari
  • Bersepeda lebih lama
  • Melakukan renang beberapa putaran
  • Bermain sepakbola
  • Mendaki bukit

Akan tetapi, jangan pernah memaksakan untuk melakukan latihan tersebut di luar batas kemampuan Anda. Pasalnya, jika anda memaksakan diri terlalu keras akan berbahaya bagi tubuh Anda. Mulailah dengan melakukan jalan kaki selama seminggu, lalu dapat naik ke tingkat yang lebih tinggi lagi. Jalan kaki adalah olahraga berdampak rendah yang bagus yang dapat memberikan Anda semua manfaat kesehatan dari latihan di atas, tanpa perlu memaksakan diri. 

  1. Latihan kekuatan

Latihan kekuatan atau seringkali disebut sebagai latihan ketahanan adalah cara lain yang bagus untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda, dengan kata lain olahraga untuk jantung. Jika Anda mengombinasikan dengan aerobik, latihan kekuatan akna membantu Anda meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Hal ini juga dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung atau stroke. 

Baik CDC ataupun American Heart Association menyarankan Anda untuk melakukan latihan kekuatan ini setidaknya dua kali dalam seminggu (pada hari yang tidak berurutan). Idealnya, sesi latihan kekuatan ini harus melatih semua kelompok otot utama yang Ada miliki, seperti lengan, kaki, pinggul, dada, bahu, perut, dan punggung. Berikut beberapa contoh latihan kekuatan yang meliputi:

  • Angkat beban (bebas)
  • Melakukan push up
  • Sit up
  • Squad

Latihan di atas harus dilakukan dalam set, di mana setiap set harus terdiri dari 8 hingga 12 pengulangan, atau hingga Anda kesulitan untuk melakukan pengulangan lainnya tanpa bantuan. Namun, hal yang perlu Anda ingat lagi, jangan maksakan diri Anda secara berlebihan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

  1. Fleksibilitas

Mungkin, hal ini tidak akan secara langsung mempengaruhi kesehatan jantung Anda, namun latihan kelenturan atau fleksibilitas dan peregangan dapat berkontribusi banyak pada latihan yang Anda lakukan. Kegiatan seperti yoga, tai chi, dan pilates tidak hanya meningkatkan kelenturan dan keseimbangan Anda saja, tetapi juga akan mengurangi kemungkinan Anda terkena kram, nyeri sendi, dan nyeri otot saat berolahraga. 

Latihan kelenturan ini pun dapat memudahkan Anda untuk melakukan berbagai aktivitas fisk lainnya yang memerlukan jantung yang sehat. Menyenangkannya, latihan ini dapat Anda lakukan kapan saja, dan di mana saja, baik itu pemanasan sebelum olahraga, mengikuti kelas yoga, ataupun hanya melakukan peregangan di ruang tamu saja, pun dapat menjaga jantung Anda tetap sehat. 

Jadi, banyak bukan olahraga untuk jantung Anda tetap sehat? Akan tetapi, Anda pun perlu mengetahui seberapa kuat tubuh Anda dalam melakukan beberapa latihan di atas. Jangan pernah memaksakan tubuh Anda untuk kuat dalam melakukan semua sesi olahraga tersebut. Mulailah dari latihan ringan dengan intensitas yang lebih rendah terlebih dahulu, untuk kemudian naik ke tinggat yang lebih tinggi lagi. Selamat mencoba!

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*