Quarantine 15: Strategi Untuk Turunkan Berat Badan

Hampir di seluruh dunia ada fenomena yang bernama “Quarantine 15”, yang dimaksudkan naiknya berat badan selama masa karantina saat pandemi Covid-19. Hampir semua orang mengalami hal yang sama dan tentunya hal ini sangat wajar terjadi. Namun, bagaimana kalua Anda membaliknya, dengan membuat strategi menurunkan selama pandemi terjadi?

Meskipun selama swakarantina kita dilarang untuk keluar rumah, namun Anda bisa memanfaatkannya untuk melakukan berbagai olahraga di dalam rumah ataupun halaman rumah. Jadi, masa swakarantina bukanlah ajang untuk bermalas-malasan, tetapi bagaimana kita menaikkan imun tubuh dengan berolahraga.

Lalu, bagaimana pandemi bisa membuat berat badan bertambah?

Awalnya, mungkin hampir semua orang merasa stres dikarenakan pandemi yang tak kunjung usai ini. Namun, perlu Anda ketahui, ketika Anda stres dapat mempengaruhi berat badan. Saat stres, ada dua tipe orang yang makan saat stres. Pertama, mengonsumsi lebih banyak makanan ketika stres melanda, yang kedua, ada orang yang ketika stres justru tidak mau makan sama sekali.

Nah, yang membuat berat badan naik adalah tipe orang pertama. Di mana jika ia merasa stres maka akan mengonsumsi lebih banyak makanan dan sulit untuk terkontrol. Selain itu, saat stres, metabolisme tubuh pun akan mengalami gangguan, seperti melambat sehingga membakar kalori lebih sedikit dari biasanya.

Strategi menurunkan berat badan selama pandemi

Jika Anda mengalami quarantine 15, di mana berat badan naik selama swakarantina. Maka ada baiknya sekarang untuk membuat strategi bagaimana menurunkan berat badan di masa pandemi ini. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan di antaranya adalah:

  1. Ciptakan rutinitas harian
  2. Tetap waktu untuk Anda bangun tidur dan waktu tidur, supaya lebih terjadwal dan mendapatkan kualitas tidur yang cukup
  3. Atur pola makan Anda dengan mengonsumsi makanan yang sehat
  4. Berdandan untuk bekerja setiap hari, karena jika Anda menggunakan pakaian longgar setiap harinya, maka akan lebih mudah untuk mengabaikan penambahan berat badan
  • Belajar memasak dan atur pola makan
  • Dengan memasak sendiri makanan akan jauh lebih sehat daripada membeli makanan di luar rumah
  • Pastikan untuk memasukkan bahan-bahan yang sehat, seperti biji-bijian, sayuran, buah-buahan dan daging tanpa lemak
  • Kontrol porsi makan Anda. Coba gunakan piring salad yang lebih kecil sebagai pengganti piring makan Anda. Biasakan juga untuk mengonsumsi segelas air sebelum makan, lalu tunggu sekitar 15 menit untuk mengetahui apakah Anda masih lapar atau tidak
  • Makan protein terlebih dahulu, karena hal tersebut dapat membuat Anda lebih kenyang. Terlalu banyak karbohidrat dapat menyebabkan naiknya gula darah dan membuat Anda merasa kurang bisa mengendalikan rasa lapar
  • Jadwalkan olahraga secara teratur
  • Jika Anda tidak bisa ke pusat kebugaran, Anda bisa melakukan olahraga di rumah, seperti olahraga online
  • Tidur nyenyak
  • Dengan olahraga secara teratur dan mengonsumsi makanan sehat, pastikan juga Anda mendapatkan tidur yang berkualitas dan cukup.
  • Kelola stres
  • Mengelola stres dapat Anda lakukan dengan berbagai cara, misalnya saja seperti meditasi, yoga, dan latihan kesadaran. Hindari mengonsumsi alkohol, karena dapat membuat Anda lebih stres dan tidak membantu untuk menurunkan berat badan. Selain itu, alkohol pun dapat mengganggu tidur Anda dan membuat Anda dehidrasi, yang dapat mendorong Anda untuk terus makan.

Jadi, jika Anda mengalami quarantine 15 maka kini saatnya untuk melakukan strategi bagaimana menurunkan berat badan selama swakarantina di rumah saja.

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*