Tak Hanya Beras Putih, Inilah Cara Membuat Masker Beras Merah!

Tak Hanya Beras Putih, Inilah Cara Membuat Masker Beras Merah!

Mayoritas orang sudah mengetahui manfaat beras merah untuk kesehatan dengan cara dikonsumsi sehari-hari. Namun, masih sedikit yang mengetahui manfaatnya sebagai masker perawatan kulit wajah. Selama ini masker beras yang banyak dikenal berasal dari beras putih. Faktanya, beras merah ternyata juga bisa dijadikan sebagai masker.

Manfaat beras merah untuk kulit wajah

Beberapa tahun belakangan, beras merah sering dijadikan campuran kosmetik atau skincare. Klaim utamanya adalah untuk melawan penuaan. Namun, ternyata terdapat juga beberapa manfaat lainnya. 

  1. Memiliki efek anti-aging

Sebuah penelitian menunjukkan ekstrak beras merah memiliki kandungan senyawa proanthocyanidin, katekin, dan oryzanol sebagai komponen bioaktif yang dapat melawan zat penyebab penuaan. Proanthocyanidin merupakan antioksidan beras merah yang ditunjukkan oleh pigmen berwarna merah kecoklatan. Oleh karena itu, efek antioksidan beras merah terbukti lebih tinggi dibandingkan beras putih. 

Selain dikonsumsi sebagai makanan, manfaat anti anti-aging beras merah  bisa juga didapatkan melalui perawatan topikal atau perawatan yang berasal dari luar seperti krim, obat oles, masker 

  1. Mengurangi reaksi terbakar akibat sinar UV

Sinar UV menjadi ancaman nyata terutama bagi masyarakat yang hidup di daerah tropis seperti Indonesia. Beras merah mampu mengurangi reaksi kulit terbakar dan hiperpigmentasi akibat sinar UV. Namun, perlindungan itu saja tidak cukup. Anda perlu mengaplikasikan penggunaan sunscreen dengan SPF yang sesuai saat keluar rumah.

  1. Menjaga kelembapan wajah

Sebuah studi menunjukkan bahwa senyawa proanthocyanidin dan katekin pada beras merah meningkatkan pembentukan hyaluronic acid di kulit. Hyaluronic acid berfungsi melembabkan dan menghidrasi kulit wajah. Hyaluronic acid berguna terlebih bagi Anda yang memiliki kulit kering. 

  1. Memiliki efek anti-inflamasi

Anti-inflamasi pada ekstrak beras merah mengurangi tingkat keparahan kulit berjerawat. Inflamasi yang diakibatkan proses menumpuknya sebum dan bakteri jerawat menyebabkan kulit bengkak dan kemerahan. Selain itu, anti-inflamasi juga berfungsi mengurangi kulit kemerahan akibat terbakar sinar UV. 

Cara membuat masker beras merah

Beras merah bisa dikombinasikan dengan bahan-bahan alami lainnya sesuai dengan kebutuhan kulit. Pengaplikasiannya yang rutin dan teratur akan memberikan hasil maksimal. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan alat dan bahan yang akan Anda gunakan. 

  1. Air rendaman beras merah

Air rendaman yang biasanya dibuang, ternyata bisa Anda gunakan sebagai masker. Langkah-langkah membuatnya adalah:

  • Siapkan air rendaman beras merah¬†
  • Siapkan tisu atau kertas masker wajah polos dan rendam selama 10 menit ke dalam air beras merah
  • Tempelkan masker selama 15 menit
  1. Beras merah dan madu

Madu memiliki efek anti-inflamasi dan melembabkan wajah. Berikut cara-cara membuat masker beras merah dan madu.

  • Sediakan 3 genggam beras merah dan 1 sdm madu
  • Rendam beras merah dalam waktu semalam
  • Tumbuk beras merah dan campurkan dengan madu
  • Oleskan ke wajah sambil pijat lembut
  • Tunggu 15-20 menit lalu bilas dengan air hangat
  1. Beras merah dan tomat

Tomat dipercaya mampu mengecilkan pori-pori wajah dan mencerahkan kulit. Inilah cara membuat masker beras merah dan tomat.

  • Siapkan beras merah buah tomat merah segar 
  • Tumbuk beras merah dan blender tomat
  • Campurkan keduanya hingga berbentuk pasta
  • Pijat lembut ke wajah dan biarkan sampai masker mengering
  • Bilas dengan air bersih

Informasi di atas menginformasikan manfaat masker beras merah dan cara-cara pembuatannya. Efektivitas masker tersebut tergantung pada frekuensi pemakaian dan respon yang ditimbulkan masing-masing kulit. Tak hanya lewat luar tubuh, kesehatan kulit wajah juga harus ditunjang melalui pola hidup sehat dan konsumsi makanan bergizi seimbang.

Kulit dan Kecantikan

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*